Home » Tips » Tips Terbaik untuk Memperpanjang Umur Baterai Lithium-Ion 

Tips Terbaik untuk Memperpanjang Umur Baterai Lithium-Ion 

Dengan berjalannya waktu, baterai lithium-ion terus kehilangan nyawanya. Degradasi ini cukup mengganggu. Namun, ini bisa menjadi hal yang baik di mata produsen smartphone. Lagi pula, bagaimana mereka bisa menjual baterai baru jika yang lama terus berfungsi selama bertahun-tahun yang akan datang.

Namun, Anda dapat mengikuti beberapa tips sederhana untuk memperpanjang umur unit ini. Ini dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari baterai ponsel Anda. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Di University of Michigan, tim peneliti membuat daftar praktek ideal yang dapat membantu Anda memperpanjang umur baterai lithium-ion Anda. Kita tahu bahwa komponen paket baterai ini terus menurun seiring berjalannya waktu. Komponen tersebut antara lain pengumpul arus, separator, elektrolit, katoda, dan anoda.

Studi lain menemukan bahwa banyak faktor yang berperan dalam degradasi unit baterai ini. Dan hal hebatnya adalah mungkin untuk menghindari faktor-faktor ini. Mari kita lihat beberapa faktor yang dapat dihindari tersebut:

Pertama-tama, Anda mungkin ingin melindungi unit baterai Anda dari suhu ekstrim. Ini bahkan lebih penting saat unit sedang diisi ulang. Misalnya, jika ponsel Anda sedang diisi tetapi memiliki suhu tinggi, Anda mungkin ingin melepasnya. Demikian pula, bukanlah ide yang baik untuk mengisi daya ponsel Anda saat suhu terlalu rendah.

Masalahnya, temperatur yang ekstrim dapat mempercepat proses degradasi semua komponen unit tersebut. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mengisi ulang baterai Anda saat suhu berada dalam kisaran tertentu.

Kesalahan penting lainnya yang harus dihindari adalah memastikan baterai Anda tidak terlalu kosong atau terlalu penuh. Dengan kata lain, pastikan Anda tidak mengosongkan baterai Anda kurang dari 20%. Alasannya adalah karena akan memberikan tekanan yang berlebihan pada unit sehingga menyebabkan penurunan kualitas dengan sangat cepat.

Segera setelah perangkat Anda terisi penuh, Anda mungkin ingin melepasnya. Jadi, Anda mungkin tidak ingin membiarkan ponsel Anda mengisi daya semalaman. Anda mungkin ingin mencari rutinitas pengisian daya yang nyaman dan sesuai untuk telepon Anda.

Ketiga, Anda mungkin tidak ingin cepat mengisi dan mengosongkan perangkat Anda. Meskipun pengisian daya ini tampaknya cukup nyaman, ini dapat menyebabkan baterai Anda memanas, yang dapat menyebabkannya menurun. Demikian pula, Anda mungkin tidak ingin mengosongkan baterai Anda dengan cepat.

Misalnya, Anda mungkin tidak ingin menjalankan aplikasi yang haus daya. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin menggunakan pengisi daya lambat satu ampere untuk ponsel Anda. Terakhir, bukanlah ide yang baik untuk menyimpan baterai lithium-ion Anda di lingkungan yang lembab.

Anda mungkin ingin memantau suhu perangkat Anda dan mengisi ulang dan mengosongkan dengan kecepatan lambat. Dengan mengikuti tip yang diberikan dalam artikel ini, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari baterai Lithium-ion Anda.

Indah Widyanti

Back to top