Home » keuangan » Tips Terbaik Untuk Memilih Tempat Pinjaman Pribadi 

Tips Terbaik Untuk Memilih Tempat Pinjaman Pribadi 

Terjebak di tengah krisis keuangan dan membutuhkan uang segera? Jangan khawatir karena mendapatkan uang secara instan di rekening bank Anda sekarang dimungkinkan dengan konsep pinjaman pribadi.

Ini adalah pinjaman tanpa jaminan yang menyiratkan bahwa mereka dapat diambil oleh individu tanpa mereka harus menyimpan apapun sebagai hipotek untuk membantu mereka memenuhi persyaratan keuangan mereka dengan lebih cepat. Dengan bantuan ini, seseorang dapat dengan mudah menyelesaikan masalah keuangannya untuk sementara waktu. Namun, sebelum mengajukan pinjaman pribadi, lima hal berikut harus diperhatikan.

  • Tingkat bunga: Karena jenis pinjaman ini adalah pinjaman tanpa jaminan, pemberi pinjaman tidak memiliki kepastian untuk mendapatkan kembali uangnya karena peminjam tidak harus menyimpan semua miliknya sebagai hipotek. Inilah alasan mengapa pinjaman pribadi tidak disetujui dengan mudah dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya. Karenanya tingkat bunga ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Jadi, seseorang harus memilih suku bunga tetap atau suku bunga variabel tergantung pada kebutuhannya.
  • Biaya penalti: Untuk memastikan bahwa pinjaman yang Anda ajukan akan terbukti terjangkau dalam waktu dekat, seseorang harus mencatat detail kecil seperti biaya penalti yang dapat diterapkan jika individu gagal membersihkannya iuran tepat waktu. Kehati-hatian harus diambil untuk memeriksa apakah biaya ini jauh lebih tinggi atau tidak agar siap sepenuhnya untuk setiap keadaan yang timbul dalam waktu dekat.
  • Riwayat nilai kredit: Prasyarat untuk dapat mengajukan pinjaman adalah memiliki nilai kredit yang baik sehingga Anda dapat yakin akan mendapatkan sanksi pinjaman atas nama Anda. Catat dengan baik tentang penghapusan iuran, terutama yang berkaitan dengan kartu kredit karena semua ini akan tercermin setelah pemrosesan aplikasi Anda dimulai.
  • Berburu sampai Anda menemukan kesepakatan terbaik: Bandingkan suku bunga semua pinjaman pribadi yang tersedia di pasar sebelum membuat pilihan. Semakin rendah tingkat suku bunga, semakin ramah kantong bagi Anda dalam jangka panjang. Selain itu, pastikan bahwa jika Anda memilih membayar EMI untuk masa kerja yang lebih lama, maka Anda harus diberi hak istimewa untuk membayar kembali sesuai kecepatan Anda sendiri.
  • Analisis tujuan pinjaman: Beberapa orang mengambil pinjaman pribadi untuk diinvestasikan di pasar saham untuk menghasilkan lebih banyak uang darinya. Ini sangat tidak disarankan karena keserakahan seharusnya tidak menjadi faktor penuntun di belakang Anda mengajukan pinjaman.

Jadi, jika Anda berencana untuk segera mengajukan pinjaman pribadi maka poin-poin ini pasti akan membantu Anda dalam menemukan rencana terbaik berdasarkan kebutuhan Anda.

Indah Widyanti

Back to top