Home » Otomotif » Tips Perawatan Untuk Motor Trail Pada Saat Musim Dingin Tiba  

Tips Perawatan Untuk Motor Trail Pada Saat Musim Dingin Tiba  

Musim dingin bisa memunculkan sisi malas di hampir semua orang. Namun, sebelum Anda bersiap-siap untuk bersantai dan menikmati musim dingin dalam kenyamanan rumah Anda, jika Anda adalah penggemar sepeda motor trail, Anda harus mengambil langkah pencegahan untuk memastikan sepeda motor Anda terlindungi dan disimpan dengan baik di musim dingin ini.

Untuk memastikan bahwa perjalanan Anda siap untuk dilalui saat salju mulai mencair, ikuti tips perawatan, pemeliharaan, dan penyimpanan sepeda motor trail yang berguna ini:

Jika sepeda Anda memiliki karburator, kuras tangki, saluran bahan bakar, dan mangkuk karburator. Untuk melakukan ini dengan benar, tutup gas sepenuhnya selama 24 jam untuk mengeringkan semuanya. Jika tidak, akan ada sisa bahan bakar. Ini biasanya berubah menjadi norak dan hanya berakhir dengan memblokir jet yang, tentu saja, dapat mempengaruhi efisiensi atau performa lari sepeda motor Anda.

Hapus minyak lama. Seiring waktu, oli mesin yang sedang berjalan berubah dari cairan berwarna emas bersih menjadi lumpur hitam yang kotor. Hanya dalam waktu beberapa bulan, kontaminan pada oli lama dapat menimbulkan korosi pada beberapa bagian mesin dan menyebabkan kerusakan serius.

Karena itu, jangan lupa untuk mengganti oli dan filter steker sebelum menyimpan kendaraan Anda pada musim dingin ini untuk menghindari situasi yang merepotkan di kemudian hari.

Pertimbangkan untuk bersepeda selama beberapa menit setiap minggu. Dengan mengikuti tip ini, Anda akan mencegah bahan bakar untuk “tidur”, dan jika Anda menaikkan motor beberapa kali seminggu, bahan bakar akan mengalir melalui jet dan ini akan menjaga kebersihan jet selama musim dingin.

Merawat ban sepeda. Jika memungkinkan, simpan sepeda Anda dengan ban terbuka. Ini karena mengurangi beban roda Anda adalah cara terbaik untuk menghindari noda datar atau keausan yang tidak rata. Jika tidak memungkinkan, isi ban Anda hingga volume maksimum yang disarankan, letakkan kendaraan Anda pada penyangga tengahnya, dan putar ban depan seminggu sekali untuk menjauhkan bagian yang rata.

Cuci, keringkan, dan wax sepeda motor trail Anda sebelum menyimpannya. Secara umum, logam pada sepeda motor Anda cenderung menumpuk kelembaban, yang dapat dengan mudah menyebabkan karat jika sepeda motor trail Anda dibiarkan begitu lama. Mencuci, mengeringkan dengan susah payah, dan waxing sepeda motor trail Anda sebelum menyimpannya untuk musim dingin akan membantu mencegah korosi dan kerusakan lainnya.

Terakhir, jika Anda memiliki sepeda bertenaga baterai, pastikan untuk menjaga daya baterai. Anda dapat mengeluarkan baterainya, tetapi ini bisa terlalu merepotkan Anda. Karena itu, cukup isi daya baterai setiap minggu setiap kali Anda menyalakan sepeda untuk mencegah bahan bakar tidur.

Indah Widyanti

Back to top