Home » Tips » Tips Memilih Mainan Remot Control untuk Anak

Tips Memilih Mainan Remot Control untuk Anak

Mainan remot control adalah jenis mainan yang sampai sekarang ini menjadi primadona. Tidak hanya terbatas pada anak-anak saja, bahkan orang dewasa pun menyukainya. 

Model yang keren dan juga bermacam-macam pastinya mampu membangkitkan kembali jiwa anak kecil di dalam diri Anda. Selama Anda memilih dengan tepat, dan bisa mengajari anak untuk merawatnya baik-baik, kenapa tidak?

Permainan yang menggunakan remot control seperti ini juga mempunyai manfaat ketika dimainkan oleh anak Anda, terutama jenis yang mengharuskan anak merakitnya lebih dahulu. 

Selain mampu mengembangkan otak kiri untuk kreativitas, mainan seperti ini juga akan membantu anak belajar koordinasi antara gerakan tangan dan mata, lantaran mereka harus memperhatikan kemana mainan bergerak sementara tangan mengendalikannya.

Kalau Anda memutuskan untuk membelikan anak Anda mainan remot control (atau mungkin juga untuk Anda sendiri), perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jenis dan fiturnya

Ada banyak pilihan mainan dengan remot control, seperti mobil, robot, dan helikopter. Fitur-fitur yang dimiliki juga berbeda-beda. Mungkin saja robot tersebut bisa melakukan banyak fungsi meniru manusia, atau mobil tersebut butuh dirakit dulu.

  • Kontrol

Pilihlah mainan yang mempunyai kontrol masih cukup mudah (kalau anak Anda masih kecil) dan responsif.

  • Kualitas bahan

Lantaran mainan seperti ini pasti akan mengalami abuse seperti dibanting, tabrakan, bahkan mungkin saja terinjak, Anda sebaiknya memastikan bahwa mainan tersebut terbuat dari bahan yang cukup kuat.

  • Usia anak

Jika Anda membeli untuk Anda sendiri, Anda bebas saja memilih mana yang paling cocok. Namun berbeda jika anak Anda masih terlalu kecil. Mainan seperti ini tidak disarankan untuk anak di bawah 3 tahun.

Lantaran mainan dengan menggunakan kontrol jarak jauh seperti ini pasti sering digunakan di luar ruangan dan sering menabrak ataupun jatuh, Anda harus bisa merawatnya dengan baik. Ini yang bisa dilakukan:

  1. Jauhkan dari air – mainan elektronik seperti ini bisa mengalami konsleting ketika terkena air. Jika basah, segera keringkan secepatnya.
  2. Rutin membersihkan – mainan ini akan sering terkena debu, terutama di bagian panel elektroniknya. Rutinlah membersihkan dengan cairan pembersih.
  3. Jangan memaksa – kadang anak mungkin ingin mencoba menabrakkan mobil mainan tersebut ke tembok, atau dengan mainan lain. Kalau memang Anda tahu anak Anda seperti ini, sebaiknya pilih yang memang bahannya lebih lentur.

Mainan remot control seperti ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko. Namun jika Anda mencari yang kualitasnya bagus, jangan ragu mendapatkannya dari toko yang reputasinya terkenal. Siapa tahu, Anda sendiri juga tertarik dengan mainan yang sejenis? Dampingilah anak Anda ketika memainkannya, dan ketika mereka penasaran untuk membongkarnya. Mainan seperti ini bisa melatih mereka ke jalan awal menjadi engineer.

Indah Widyanti

Back to top