Home » keuangan » Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Melakukan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Melakukan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan

Saat kondisi terdesak akan kebutuhan dana, banyak cara bisa dilakukan sebagai solusinya. Meminjam uang dari bank biasanya menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Namun terkadang, meminjam uang di bank tidak semulus yang dikira. Ada berbagai ketentuan yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjaman bisa diproses dan dana cepat cair. Salah satunya ketentuan yang cukup memberatkan bagi sebagian besar orang adalah harus adanya jaminan atau agunan. Bagi mereka yang tidak memiliki harta benda atau dokumen penting yang bisa dijaminkan, tentu hal ini terbilang sangat menyulitkan. Padahal kondisi sedang berada pada tahap membutuhkan dana sesegera mungkin. Jika Anda berada pada kondisi demikian, coba untuk mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan.

Untuk melakukan pinjaman tunai tanpa jaminan, kini ada beberapa bank yang menawarkan jenis pinjaman ini. Selain itu pinjaman non bank hingga pinjaman online juga umumnya menawarkan pinjaman tanpa mensyaratkan adanya suatu jaminan. Hal ini tentu bisa menjadi angin segar bagi Anda yang sedang terdesak kebutuhan dan berencana melakukan pinjaman, namun tidak memiliki barang berharga untuk dijaminkan. Tetapi tunggu dulu, Anda sebaiknya juga tidak melakukannya secara gegabah. Lakukan pertimbangan akan beberapa hal berikut ini:

  • Pikirkan tujuan atau kegunaan dari meminjam dana.

Semua orang memang membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya setiap hari. Namun jangan sampai Anda meminjam dana dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan yang dirasa kurang penting, seperti berbelanja, liburan, dll. Sebaiknya memang ada tujuan penting dari alasan Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman tanpa jaminan. Hal ini mengingat meminjam dana akan menambah pos pengeluaran Anda selanjutnya karena harus membayar cicilan dari dana yang dipinjam. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu tujuan Anda berhutang. Dan pastikan memang untuk mencukupi kebutuhan yang sangat penting, seperti memperbaiki rumah, biaya sekolah anak, investasi, dll.

  • Hitung terlebih dahulu jumlah dana yang akan dipinjam.

Setelah mengetahui tujuan kenapa Anda harus meminjam dana, maka selanjutnya hitung jumlah dana yang akan diajukan pinjaman. Lakukan perhitungan sebaik mungkin agar mengetahui jumlah total pinjaman dengan tepat dan terperinci. Hal ini untuk menghindari jumlah pinjaman terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan akan semakin memberatkan cicilan dan berpotensi digunakan untuk hal yang tidak seharusnya. Karena biasanya semakin besar pinjaman, maka semakin besar juga suku bunga yang harus dibayarkan.

  • Ketahui tingkat kemampuan Anda dalam membayar cicilan.

Hindari meminjam uang ketika kondisi keuangan Anda sedang tidak baik dan stabil. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat akan sangat mempengaruhi kelancaran pembayaran cicilan. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk tetap meminjam dan berakibat susah dalam membayar cicilan kredit. Idealnya dalam meminjam dana, besarnya jumlah cicilan tidak lebih dari 30% dari pendapatan. Sehingga nantinya masih memungkinkan Anda untuk membayar cicilan dengan nyaman dan tidak mengganggu kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

  • Pilih alternatif meminjam yang pas.

Saat ini banyak sekali alternatif tempat melakukan pinjaman dana tunai tanpa perlu jaminan. Bisa melalui bank, non bank, atau yang sedang trend saat ini melalui pinjaman online. Dimanapun Anda meminjam tentu keputusan ada ditangan Anda. Namun sebaiknya pastikan Anda meminjam dana dari layanan pinjaman yang pas, yaitu yang sesuai dengan kebutuhan pinjaman dan suku bunga yang berlaku. Seperti dari aplikasi online Maucash misalnya, yang memberikan kemudahan meminjam tanpa jaminan dengan suku bunga yang sudah sesuai dengan ketentuan OJK. Sehingga tidak memberatkan konsumen yang ingin melakukan pinjaman online.

Indah Widyanti

Back to top