Home » Informasi » Dampak Dari Adanya Teknologi Komunikasi pada Dunia Kesehatan 

Dampak Dari Adanya Teknologi Komunikasi pada Dunia Kesehatan 

Ledakan teknologi dan revolusi informasi telah sangat mempengaruhi sistem perawatan kesehatan kita menjadi lebih baik. Tidak hanya pada tingkat pengobatan penyakit, tetapi fakta bahwa jumlah orang yang lebih banyak sekarang berada di dalam jaringan perawatan kesehatan adalah bukti keberadaan teknologi yang semakin meningkat dan meningkat.

Di masa lalu, orang masih harus tersedia secara fisik untuk berkonsultasi dengan dokter tetapi teknologi informasi dan komunikasi kini telah membuat konsultasi pasien jarak jauh dan tele-kedokteran menjadi hal yang biasa. Hambatan waktu & jarak semakin menyusut di zaman kita dan ini berarti semakin banyak pasien dapat memiliki akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas.

Teknologi komunikasi juga sangat meningkatkan pengalaman pasien; selain meningkatkan waktu tanggap rumah sakit. Waktu tanggap sangat penting untuk keadaan darurat, seseorang yang dalam kesusahan paling tidak mungkin bersedia (atau bahagia) jika dia dibuat menunggu tanpa henti. Peran teknologi tidak hanya terbatas untuk mengurangi waktu respons tetapi juga untuk meningkatkan pengalaman perawatan pasien secara keseluruhan.

Beberapa cara di mana pengalaman pasien dapat ditingkatkan dengan komunikasi & teknologi yang lebih baik diuraikan di bawah ini:

Berikan informasi pasien yang lengkap kepada penangan panggilan untuk membantu mereka merespons atau menawarkan saran dengan lebih baik

Mengirim atau menerima file multimedia sedemikian rupa sehingga memudahkan pasien untuk mengirim laporan investigasi, dll.

Fasilitas penerusan panggilan atau panggilan jarak jauh untuk memungkinkan konsultan yang sama tersedia bagi pasien terlepas dari lokasinya.

Kemajuan dalam komunikasi telah memperluas cakrawala harapan konsumen sehingga penyedia layanan kesehatan harus dapat merangkul teknologi ini untuk melayani pasien mereka dengan lebih baik.

Terhubung secara real-time dengan pasien membantu memberikan layanan pencegahan, konsultasi tentang bahaya kesehatan yang umum dan informasi nutrisi. Karena penyedia layanan kesehatan semakin bekerja pada model pencegahan dispensasi perawatan kesehatan, sangat penting bagi mereka untuk mencari informasi pasien secara real-time. Pasien, di sisi lain, perlu tahu bahwa penyedia layanan kesehatan akan tersedia kapan pun dibutuhkan dan bahwa semua situasi darurat dilayani dengan baik.

Teknologi juga membantu menciptakan kemudahan dan kenyamanan yang menghasilkan pengalaman pasien yang lebih baik secara keseluruhan. Dengan dunia kita yang lebih terhubung hari ini daripada sebelumnya, ada konvergensi yang lebih besar dari berbagai bidang kehidupan kita.

Mampu mengakses informasi medis saat bepergian, mengatur janji dengan dokter, memesan obat dan berkonsultasi dengan dokter dari jarak jauh adalah berbagai aspek dari permintaan pasien yang terus meningkat – yang sekarang dapat dipenuhi oleh penyedia layanan kesehatan dengan kemajuan dalam teknologi komunikasi!

Indah Widyanti

Back to top