Home » Tips » Cara untuk Merawat Dan Mendukung Anak Yang Mengidap Autisme

Cara untuk Merawat Dan Mendukung Anak Yang Mengidap Autisme

Merawat anak Yang Mengidap Autisme jelas merupakan tugas yang menantang. Itu membutuhkan waktu, usaha dan kesabaran. Tapi yang terpenting – cinta! Berikut beberapa tip untuk merawat dan mendukung anak autis.

Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Menciptakan lingkungan yang mendukung dan bergizi sangat penting. Minimalkan kontak anak Anda dengan orang yang sangat tegang atau tidak nyaman. Jangan biarkan saudara kandung dan anggota keluarga lainnya mengganggu anak Anda karena dapat menimbulkan ledakan.

Pertimbangkan lingkungan yang bebas bising, karena kepekaan bising selalu menjadi bagian dari pengalaman autisme. Anak-anak ini mampu memiliki wawasan dan kreativitas yang luar biasa. Doronglah kekuatan mereka dan tinggalkan kerentanan mereka. Komunikasikan kembali dengan cara yang bisa mereka pahami. Jika Anda benar-benar menjadi bagian dari dunia mereka, mereka akan merasa aman dan berkembang lebih mudah.

Sesuaikan Situasinya

Daripada merasa bersalah karena anak Anda berbeda dari anak lain, praktikkan penerimaan. Jangan langsung mengambil kesimpulan tentang bagaimana kehidupan anak Anda mulai sekarang. Nikmati keahlian khusus anak Anda, rayakan kesuksesan kecil, dan berhentilah membandingkan anak Anda dengan orang lain. Cinta tanpa syarat dan penerimaan Anda akan membantu si kecil lebih dari apapun.

Hargai Perilaku Baik

Anak autis sering kali mengalami minat yang kuat dan mengagumkan di area tertentu yang membawa kegembiraan dalam hidup mereka, dan dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan baru. Dukungan positif dapat bermanfaat bagi anak-anak autisme. Puji mereka saat mereka mencoba keterampilan baru. Kejutkan mereka dengan mainan, stiker, atau gelang favorit mereka untuk menginspirasi mereka untuk belajar lebih banyak lagi.

Kembangkan Komunikasi

Jangan memaksa anak Anda untuk berbicara. Temukan cara lain untuk mengungkapkan kebutuhan, pikiran dan perasaan mereka seperti dengan menunjukkan tanda dan gambar. Ini dapat membantu mereka mengatasi rasa frustasi. Dengarkan semua cara dia mencoba berkomunikasi. Waspadai bahasa tubuh atau tanda lain yang memberi tahu Anda ada sesuatu yang salah.

Bantu Mereka dengan Perawatan yang Benar

Fokus dan kembangkan apa yang bisa dilakukan anak Anda daripada apa yang tidak bisa dia lakukan. Bantu si kecil dengan interaksi sosial. Mereka melakukan yang terbaik dalam aktivitas bermain terstruktur yang memiliki awal dan akhir yang jelas.

Ada juga banyak pilihan pengobatan termasuk terapi perilaku, terapi wicara, terapi berbasis permainan, terapi fisik, terapi okupasi dan nutrisi. Mereka dapat membantu anak Anda tumbuh menjadi anggota masyarakat yang sehat dan mudah menyesuaikan diri. Gunakan bantuan terapis karena tidak mungkin menangani semuanya sekaligus.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur

Ingatlah bahwa beberapa anak autis tidak dapat mengungkapkan rasa sakit mereka dan beberapa bahkan tidak memahami sensasi yang diberikan tubuh mereka. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang sakit. Selalu awasi mereka. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa pada kesehatan mereka, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Tunjukkan Dukungan Anda

Diagnosis autisme adalah peristiwa yang mengubah hidup seluruh keluarga. Ada banyak cara untuk membantu.

Tidaklah mengherankan jika membesarkan anak autis bisa mahal. Biaya pengobatan, sesi terapi … semua biaya ini bisa menjadi tak tertahankan bagi keluarga. Mulailah kampanye penggalangan dana atau gunakan sumber daya Anda sendiri untuk memenuhi sebagian pengeluaran.

Faktanya, banyak anak autis mengalami kesulitan dalam menjalin dan mempertahankan persahabatan atau terlibat dalam percakapan dalam sekelompok anak. Jika Anda memiliki anak yang seumuran dengan anak autis tetangga Anda, undanglah mereka. Anda mungkin perlu membantu memfasilitasi persahabatan di antara mereka.

Pertama dan terpenting, cobalah untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Daripada membuat mereka bingung dengan kondisi mereka, doronglah keterampilan mereka.

Meningkatkan kesadaran

Memahami autisme dan bagaimana berinteraksi dengan penyandang autisme dimulai sejak usia muda dan tidak ada tempat yang lebih baik dari pada di ruang kelas untuk memulai. Selenggarakan seminar kesadaran di sekolah lokal Anda. Perlihatkan papan buletin di pintu masuk dengan contoh selebritas dengan gangguan spektrum ini.

Sepanjang tahun, dan terutama bulan April ini, ada ratusan acara jalan kaki dan marathon yang diselenggarakan untuk mendukung autisme. Berpartisipasi untuk menyebarkan dukungan dan kesadaran. Semua peserta harus memakai warna biru. Pilih hadiah giveaway khusus yang akan menyenangkan semua orang mulai dari pemula hingga pelari veteran.

Simbol utama autisme – potongan puzzle – diciptakan oleh Gerald Gasson, anggota dewan National Autistic Society di London. Ini mencerminkan misteri spektrum autisme. Membagikan item teka-teki kesadaran autisme biru tua seperti topi, kaos oblong, dan gelang adalah cara yang mudah dan orisinal untuk memberikan pendidikan dan dukungan bagi orang-orang yang mungkin tidak tahu banyak tentang kondisi tersebut. Item ini sepenuhnya dapat disesuaikan secara online.

Indah Widyanti

Back to top