Home » Kesehatan » Buang Air Kecil (TC) Terus Menerus? Waspadai 5 Penyakit Ini!

Buang Air Kecil (TC) Terus Menerus? Waspadai 5 Penyakit Ini!

Sebagai makhluk hidup memang sudah menjadi kodratnya untuk berekskresi atau istilah lainnya adalah melakukan pembuangan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Bentuknya sendiri banyak, mulai dari keringat, kemudian juga ada bernapas dengan mengeluarkan karbondioksida juga uap air, hingga buang air kecil (TC).

Kencing ini ditujukan untuk membuang zat-zat sisa dan bersifat racun dari dalam tubuh, setelah sebelumnya darah disaring oleh ginjal, semua cairan sisa nantinya akan dibuang dalam bentuk urine tersebut.

Normalnya manusia akan kencing paling tidak 4 hingga 7 kali dalam sehari, jika kurang bisa jadi karena memang konsumsi air putih yang kurang, sehingga menyebabkan dehidrasi. Namun juga ada sebuah kondisi dimana seseorang berkali-kali harus mengeluarkan urine. Ada kalanya kencing terus menerus merupakan hal yang wajar terjadi, apalagi bagi mereka yang banyak minum air, namun bisa juga hal ini menjadi tanda tubuh terkena penyakit tertentu.

Berikut ini diantaranya ada beberapa resiko penyakit yang ditandai dengan gejala buang air kecil (TC) secara terus menerus, diantaranya adalah:

1. Diabetes melitus, penyakit yang juga dikenal dengan nama kencing manis ini bisa menyebabkan seseorang menjadi terus menerus buang air kecil, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang kadar gula yang ada di dalam darah cukup tinggi.

Sehingga membuat tubuh sebisa mungkin menetralkannya dengan cara memperbanyak asupan cairan, lebih banyak minum dan jumlah urine yang dikeluarkan juga semakin banyak, apalagi ditambah dengan keberadaan glukosa di dalamnya.

2. Infeksi saluran kemih, hal ini biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala, seperti diantaranya adalah rasa sakit atau nyeri pada bagian perut bawah, disertai dengan rasa atau hasrat buang air terus menerus.

3. Overactive bladder atau istilah lainnya adalah kandung kemih yang overaktif. Kandung kemih memiliki fungsi untuk menampung urine sebelum nantinya dikeluarkan, ketika otot pada organ ini terus berkontraksi akibatnya tubuh juga akan terus menerus buang air kecil.

4. Infeksi pada ginjal, sebagai organ yang memiliki peran penting dalam menyaring darah, ketika ginjal tersebut mengalami masalah, maka bisa dilihat dari urine yang dikeluarkan. Misalnya adalah urine mengandung darah, mengandung glukosa atau jumlah yang dikeluarkan berlebihan, karena terjadi infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun sejenisnya.

5. Gangguan pada prostat, buang air kecil berlebihan pada pria sendiri juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada prostat. Terjadi pembesaran prostat yang menekan bagian uretra, hal inilah yang menyebabkan hasrat untuk terus menerus buang air.

Jadi jangan sepelekan masalah seperti buang air kecil (TC) secara terus menerus, karena bisa jadi ini adalah hal yang berbahaya, sehingga ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Indah Widyanti

Back to top